Sang Gubernur - Bukan jabatan politis semata

Kalau diadakan polling gubernur yang paling populer di Jepang saat ini, pilihan teratas kemungkinan besar akan jatuh pada sosok Higashikokubara chiji, 49 tahun. Chiji adalah sebutan untuk pejabat gubernur sebuah prefecture di Jepang. Saya tertarik menulis profilnya karena seringnya melihat sosok pejabat ini muncul di berbagai program TV Jepang. Berbagai hal dia lakukan untuk mempromosikan kemajuan perekonomian prefecturenya saat ini. Tahun lalu, sebagaian besar penduduk Miyazaki masih meragukan kemampuannya. Setelah melalui pemilu daerah yang ketat dan berhasil diemangnkannya, Higashikokubara resmi menjadi Chiji Prefektur Miyazaki terhitung sejak Januri, 2007. Kini, setelah beberapa bulan menjabat sebagai Gubernur, dia mulai berhasil membuktikan janji-janji semasa kampanye dan memperoleh simpati serta dukungan dari mayoritas rakyat Miyazaki.
Hal spektakuler yang dia raih diawal masa jabatannya adalah, hanya dalam dua minggu kepemimpinannya, Miyazaki Prefecture sudah mendapat pemasukan uang sebesar 16 billion yen dari berbagai program dan liputan TV Jepang. Hal yang tidak pernah dilakukan chiji di Jepang sebelum ini. Sosok dan perjalanan karir Higashikokubara mungkin hampir sama dengan Arnold Schwarzenegger. Dimulai dari dunia hiburan sebagai seorang warai geinin/pelawak dengan nama stage "Sonomama Higashi", hingga saat ini berhasil menjadi seorang gubernur. Perjuangan dia untuk meraih kursi gubernur pun dilakukan dengan sangat serius. Di usia 42 tahun, mulai meninggalkan panggung hiburan dan kembali ke bangku kuliah dengan mengambil jurusan Ilmu Politik di Waseda University. Hal yang sangat jarang dilakukan oleh artis Jepang sebelumnya. http://www.pref.miyazaki.lg.jp/chiji/profile.html
Miyazaki adalah salah satu prefektur yang terletak di pulau Kyushu. Selain terkenal sebagai daerah penghasil mangga, Miyazaki juga terkenal dengan hasil dari industri peternakan dan pariwisata. Diawal masa jabatannya, serangan wabah flu burung sempat menghantam perekonomian daerah kususnya peternakan ayam di miyazaki. Namun, berkat keseriusan penanganan masalah, hal ini pun dapat segera diatasi pemerintah daerah dengan melokalisasi daerah peternakan yang disinyalir terjangkit virus ini. Kepercayaan publik akan keamanan hasil peternakan dari miyazaki pun dapat dipulihkan salah satunya berkat kerja keras Higashikokubara Chiji dengan mempromosikan kembali hasil peternakan kususnya daging ayam produk Miyazaki. Berbagai upaya promosi juga dilakukan dengan memanfaatkan sosoknya sebagai publik figure. Saat ini dia lebih dikenal sebagai seorang icon Public Relation handal dari sebuah Prefecture dengan muncul diberbgai saluran TV. Dimanapun dia muncul dan berada selalu dalam rangka mempromosikan produk dan potensi wisata daerahnya. Hasilnya hanya dalam hitungan bulan Miyazaki mengalami peningkatan pendapatan yang fantastis , kususnya dari sektor pertanian dan pariwisata. Daerah ini menjadi makin populer di Jepang sebagai salah propinsi yang memiliki berbagai potensi dan sumberdaya alam yang eksotis.
Mungkin hal ini patut dicontoh bagi para politisi di negara kita yang berjuang untuk memperebutkan berbagai jabatan publik. Bahwa jabatan tersebut bukanlah hal yang hanya bermakna secara politis namun harus memberikan dampak langsung bagi kesejahteraan rakyat banyak yang memberikan amanah kepadanya. Sebagai contoh, seorang Higashikokubaru Chiji di setiap penampilannya di acara resmi TV ataupun variety show, tidak lupa selalu membawa "omiyage" (oleh-oleh khas) dari Miyazaki, baik itu buah-buahan, makanan khas, minuman dll, ini sekaligus bentuk promosi langsung kepada jutaan pemirsa. Dia selalu berupaya memperkenalkan potensi daerahnya langsung kepada konsumen Jepang.
Sebagai seorang Gubernur, beliau adalah seorang yang sangat low profile, pejabat adalah pelayan masyarakat. Dia selalu memberi kesan merakyat, selalu menunduk lebih rendah dari lawan bicara, bowing down lebih banyak dari pada tamu yang dihadapinya. Walaupun saya bukan warga Miyazaki, saya sangat simpati kepadanya dan berharap semoga Higashi Chiji bisa mengemban amanah rakyatnya sampai akhir masa jabatannya nanti.
Saya sangat berharap para gubernur dan pejabat di republik Indonesia tercinta bisa seperti Higashikokubara chiji. Masih banyak diantara kita yang tidak tau sumber daya yang ada di propinsi kita sendiri ataupun daerah lain. Nah, PR bagi Chiji-chiji Indonesia untuk dapat menjadi Public Relation dan agen pembangunan yang baik bagi daerahnya.

Comments

Anonymous said…
Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Lokal/Sang_Gubernur_-_Bukan_jabatan_politis_semata/
Terima kasih atas kunjungannya. Web ini jarang di update berhubung karena kesibukan kami.

Popular posts from this blog

Stobu

Huis Ten Bosch

Restoran 100 yen